Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime Terlengkap - Agustus 2017

Samsung Galaxy J7 Prime  – Profesorponsel.com - Samsung merupakan salah satu vendor Smartphone dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Samsung sendiri secara resmi baru merilis ponsel besutan terbarunya, yaitu Samsung Galaxy J7 Prime yang merupakan penyempurnaan dari Sasung Galaxy J7 2016. Dengan mengusung desain yang lebih premium dan juga spesifikasi yang lebih tinggi dibanding dengan Samsung Galaxy J7 2016 , dan harganya hanya berbeda 10% lebih mahal. Mungkinkah Samsung dengan sengaja ingin membunuh pejualan produknya sendiri yaitu Samsung Galaxy J7 2016 ?

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime Terlengkap - Desember 2016


Tak sekedar penampilan dari Samsung Galaxy J7 Prime yang terasa lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 2016, bahkan fitur yang dibawakan lebih di atas dari Samsung Galaxy seri A 2016. Saya sempat berfikir mungkinkah Samsung melakukan blunder dengan berani mengeluarkan Smartphone baru ini yang notabennya adalah penerus dari Samsung Galaxy J7 2016, tetapi Samsung seri ini hanya memiliki perbedaan harga berkisar 10% lebih mahal dibanding dengan pendahulunya itu. Dari sinilah saya mulai penasaran dan ingin mereview secara detail inci demi inci kuwalitas yang diberikan ponsel yang satu ini agar kita lebih tau kuwalitas apa saja yang dibawakan ponsel yang satu ini.

Desain premium penyempurnaan dari pendahulunya

Memang dari segi desain ponsel yang satu ini cukup terlihat lebih baik dibandingkan dengan desain yang dimiliki pendahulunya. Bahkan menurut saya desain yang dimiliki oleh ponsel ini nyaris terlihat sama dengan desain yang dimiliki oleh Oppo F1 Plus yang cuma berbeda pada sisi penempatan kameranya saja. Tepian bawah pada layar depanya tersemat tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor fingerprint atau yang seriing kita sebut sebagai sensor pemindai sidik jari. Terlihat dari depan ponsel ini memang nyaris sama dan sama sekali tidak memiliki perbedaan yang mencolok, hanya saja ponsel ini memeiliki penambahan LED notification yang terasa istimewa dan lebih sempurna dibandingkan dengan desain dari pendahulunya.

Bodi utama dari ponsel ini terlihat terbuat dari bahan metal aluminium aloy yang merupakan bahan yang juga dibuat sebagai bahan pembuatan bodi pesawat. Ponsel ini sendiri memiliki resolusi layar 5.5 inches yang akan terasa nyaman berada di tangan kita , dengan bobot 167 gram kesan menggenggam ponsel ini akan terasa lebih mantap dan pas. Dari desain yang jelas terlihat sebagai ponsel premiumnya khas dari Samsung, ponsel ini juga memberikan perubahan dari sektor tampilan layar yang berbeda dengan Samsung Galaxy J7 2016 yang menggunakan panel Super AMOLED untuk kuwalitas tampilan yang diberikan, sementara panel apakah yang dibekalkan Samsung untuk Samsung Galaxy J7 Premium ini? Mari kita ikuti review selanjutnya !

Tampilan layar yang berkuwalitas IPS LCD

Memang sedikit mengalami perubahan dari sektor tampilan layar yang diberikan, dimana si Premium ini hanya dibekali dengan kuwalitas panel layar TFT dan sementara Samsung Glaxy J7 2016 sendiri sudah berbekal panel denagn kuwalitas Super AMOLED. Mungkin hal inilah yang membuat Samsung memberikan harga yang meningkat tidak terlalu jauh dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 2016, padahal fitur yang dibawakan lebih banyak mengalami perubahan pada ponsel ini.Walau kuwalitas tampilan layar yang diberikan tidak sebagus panel dengan kuwalitas Super AMOLED, dimana kuwalitas dari panel TFT memang sedikit low color. Tetapi saya rasa mata kita akan melakukan penyusuaian dengan kuwalitas panel yang seperti ini.

Pada intinya layar berkuwalita TFT  memang tidaklah terlalu bermasalah jika tidak kita bandingkan dengan kuwalitas panel Super AMOLED yang memiliki tampilan layar yang lebih baik. Kuwalitas layar TFT dengan resolusi 1080p akan terasa lebih baik dan akan terasa nyaman ketika mata kita sudah melakukan penyesuaian dengan baik. Dan inilah yang menjadikan kenapa harga ponsel ini tidak terlalau mahal dengan pendahulunya, saya sempat berfikir Samsung melakukan blunder dengan mengeluarkan yang memiliki beberapa kelebihan dan perbaikan dari pendahulunya namun harganya tidak berbeda jauh dan hanya dikisaran berbeda 300 ribuan. Jika sektor tampilan layar mengalami pengurangan kuwalitas bagaimana dengan sektor kamera dari Samsung Galaxy J7 Prime ini ?

Kamera selfie 8 MP yang lebih baik dibanding kamera 5 MP Samsung Galaxy J7 2016

Nah ternyata usut punya usut sektor ini ternyata memiliki perbaikan yang cukup siknifikan untuk kuwalitas kamera selfie ata kamera depanya, dimana Samsung Galaxy J7 2016 hanya memiliki kamera depan 5 MP dan kini ponsel penerusnya memiliki kuwalitas kamera 8 MP untuk kamera selfienya. Walau memang serie J untuk Samsung tidak terlalu menonjolkan kuwalitas KAMERA, tetapi hal ini layak kita sambut secara positif. Dimana kamera yang dulu hanya 5 MP kini menjadi 8 MP untuk kamera depan si penerus J7 ini. Kalau untuk kamera belakangnya masih tetap mengusung kamera berresolusi lesa 13 MP yang akan mendapat bantuan LED Flash yang tersemat tepat disamping dari kamera utama gadget ganteng ini. Bahkan bukaan lensa yang dimiliki cukup besar yaitu f/1,9 yang akan mampu menangkap cahaya lebih banyak dan akan menghasilkan gambar dengan deatil yag cukup baik. Sedangkan kuwalitas video yang diberikan kamera ini cukup isitimewa degan kuwalitas video 4K kita bisa memberikan kepercayaan penuh untuk kamera ponsel ini sebagai perekam video untuk moment terbaik dari kita. Mengalami perbakna pada sektor kamera depan, dan tetap seperti pendahulunya untuk sektor kamera belakang. Dan bagaimana dengan kuwalitas dapur pacu yang diberikan ?

Hardware berotak Octa-core 1.6GHz

Sedangkan untuk sektor Hardware sendiri memang tidak mengalami perubahan dari pendahulunya, kedua ponsel ini tetap sama dibekali oleh Samsung dengan CPU Octa-core 1.6GHz yang berkombinasi dengan kinerja chipset dari Exynos 7870 Octa. Dimana kombinasi ini diharapkan memberikan kinerja yang lebih responship walau dalam pengoprasian game tidak terlalu lancar dan masih sedikit ngadat dalam kondisi kuwalitas game HD. Tetapi hal ini akan sedikit terobati degan keberdaan Ram 3 GB yang akan dibantu dengan keberadaan memori internal 32 GB yang bisa kita tambah dengan memori eksternal hingga 256 GB.  Untuk sektor koneksi internet ponsel ini sendiri sudah menggunakan jaringan koneksi internet 4G LTE yang merupakan koneksi tercepat untuk saat ini. Walau masih minim dengan sensor gyroscope yang berfungsi sebagai sensor pembantu ketika kita menggunakan virtual reality. Beberapa sensor mungkin dilemahkan untuk mengurangi peningkatan pada harga smartphone ini. Untuk spesifikasi terlengkapnya kita bisa lihat pada tabel berikut :


Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime
Layar
5,5 inches 16 juta warna
Capacitive touchscreen 1080 x 1920 -401ppi
Gorilla Glass 4 IPS LCD
Prosesor
Octa-core 1.6GHz GPU Mali-T830MP2
Exynos 7870 Cortex-A53
Network
Dual nano/micro SIM HSPA+
4G LTE 2G
Kamera Depan
8 Mega pixels autofocus
Beauty face Panorama
HDR f/1.9
Kamera Belakang
13 Mega pixels f/1.9 Face detection
HDR Autofocus
Panorama LED Flash
Sistem Operasi
OS Android Marshmallow v6.0
Memori
RAM 3 GB Storage 32 GB( 256 GB )
Sensor
Fingerprint Gyroscope
Proximity Magnetic
Koneksi
Bluetooth USB OTG
Wi-Fi Hotspot
Harga
Baru Rp 3.299.000
Naik Rp 200.000
Bekas Rp 2.800.000
Warna
Gold / Silver White / Black
Baterai
3.300 mAh non-Removable
Harga bisa berubah sewaktu - waktu!!!

 Kelebihan  :
  1. Berbekal sensor fingerprint
  2. Layar 5,5 inches
  3. Tersemat LED Notification
  4. Kapasitas Ram 3 GB
  5. Resolusi kamera depan 8 MP
  6. Harga yang relatif murah dengan beberapa keunggulan

Kelemahan :
  1. Beberapa sensor yang dilemahkan
  2. Baterai yang tidak bisa dilepas
  3. Kuwalitas panel layar yang masih TFT


Nah itulah beberapa review yang bisa saya berikan dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca dan pengunjung artikel dari saya. Jangan lupa kunjungi artikel terbaru dari saya selanjutnya. Cari artikel lain yang berisikan informasi seputar masalh gadget anda yah disinilah tempatnya.

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Terlengkap Beserta Harga Lenovo Vibe K5 Plus Terbaru - Agustus 2017

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi5 - Agustus 2017

Harga dan Spesifikasi Google Pixel Terlengkap – Agustus 2017